01_pulitzer_chaupadi_portraits_05_slide-0658beb598754b17138e71122506394ce5f8a5b4-s800-c85
gambar ilustrasi

Sebuah kasus di Nepal ,seseorang meninggal akibat dari praktek ritual yang mengandung takhyul yang masih di percaya . seorang wanita mengalami menstruasi, harus segera diasingkan jauh dari keluarganya karena di anggap membawa kesialan dan nasib buruk ke keluarga seandainy ritual pengasingan tidak di lakukan…

Roshani Tiruwa,seorang gadis berusia 15 tahun di temukan meninggal dengan kondisi lemas kekurangan oksigen dan kedinginan khatmandu ,Nepal.gadis ini di asingkan di sebuah gubuk dengan ventilasi minim hanya karena dia sedang menstruasi dan kondisi pengasingan tersebut membuat nya mati.
Pengasingan tersebut berdasar sebuah kepercayaan hindu kuno
yang di sebut ritual Chhaupadi yang mengharuskan seseorang yang sedang mengalami siklus haid di haruskan si asingkan dan di tempatkan di tempat pengasingan , karena perempuan yang sedang menstruasi atau baru saja melahirkan dianggap kotor atau tidak suci.beberapa masrakat di kawasan tersebut percaya bila wanita mestruasi mendatangkan nasib buruk musibah bila tidak di asingkan maka mau tidak mau wanita yang sedang haid harus menjalani ritual chhaupadi.saat diasingkan, perempuan haid dilarang memakan sejumlah makanan dan minum susu.
Di bebrapa kasus ritual chupadi gubuk tempat menampung kebanyakan merupakan kandang ternak, lengkap dengan kotorannya. Perempuan-perempuan yang di asing kan ini biasanya sangat kedinginan pada musim dingin atau kepanasan pada musim panas. Laporan menyebut banyak perempuan yang diasingkan tersebut banyak yang mengalami gangguan mental dan fisik saat menjalani ritual tersebut. meskipun pemerintah nepal sudah melarang tindakan seperti itu tetapi masih sering di lakukan masrakat terutama yang tinggal di pinggiran.

2014-05-09-chaupadi-pic-12

Ritual Chhaupadi adalah tradisi masyarakat hindu di daerah bagian barat Nepal di tujukan bagi perempuan beragama hindu , tradisi ini melarang perempuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan keluarga yang normal selama periode menstruasi, karena mereka dianggap “tidak suci”.periode waktu ini berlangsung antara sepuluh dan sebelas hari ketika seorang gadis remaja memiliki periode pertama setelah itu, durasi antara empat dan tujuh hari setiap bulan.. bagi wanita yang habis melahirkan pengasingan bisa antara 10-11 hari.doktrin pilosopi tentang ritual ini adalah jika
seorang wanita menstruasi menyentuh pohon, tidak akan
pernah lagi berbuah, jika dia mengkonsumsi susu, sapi
tidak akan menghasilkan lebih banyak susu; jika dia
membaca sebuah buku, Dewi saraswati dewi pengetahuan akan marah, jika dia menyentuh seorang pria, ia akan sakit.

Menstruasii merupakan suatu siklus periodik bulanan yang dialami oleh setiap perempuan yang telah masuk masa pubertas, menstruasi disebabkan oleh kerja hormon estrogen-progesteron atau hormon sexsual pada wanita di tandai berupa keluarnya darah beserta lendir keputihan dari lubang vagina yang dikarenakan tidak terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma didalam rahim.
Menstruasi dalam sejarah seluruh dunia mempunyai mitos sendiri – sendiri asal- usul nya dan di kaitankan dengan hal mistis ,sebagian sudah jauh di tinggalkan sebagian ada yang masih di yakini sebab akibat yang di luar ilmu medis ,seperti dalam agama- agama ,seperti darah mens yang dianggap tabu. Hampir setiap suku bangsa, agama, dan kepercayaan mempunyai konsep perlakuan khusus terhadap wanita menstruasi ,di indonesia di istilahkan dengan darah yang kotor,di bali ada pola diskriminasi kepada wanita mentruasi tidak boleh mengunjungi pura atau berenang di pantai. banyak pilosofi maupun ajaran teologi, yang berujung kepada suatu kesimpulan bahwa menstruasi bukanlah peristiwa fisik biologis semata melainkan mempunyai makna teologis dalam sejarah nya .

images-3
siurce: pinterest

Di Afrika , darah menstruasi digunakan untuk kekuatan mantra sihir bisa untuk memurnikan dan menghancurkan. di kebudayaan suku Maya menerangkan asal menstruasi sebagai hukuman karena melanggar aturan-aturan sosial yang mengatur hubungan dalam perkawinan, darah menstruasi berubah menjadi ular dan serangga yang ada hubunganya dengan black magic .di taoisme darah menstruasi di kaitkan dengan kekuatan wanita. Saat sedang menstruasi, wanita kehilangan energi qi (kekuatan) mereka.di agama zoroaster menstruasi di kaitkan dengan dewa jahat Ahriman dan perlawanan manusia terhadap kejahatan.di brazil suku yanomani punya kepercayaaan bahwa wanita yang mengalami menstruasi memiliki kelebihan darah dalam tubuhnya sehingga mereka harus diisolasi dengan ritual tertentu agar tetap aman dan kewajiban melakukan ritual yang harus di jalani saat pengasingan.

Di islam darah haid itu di anggap kotor ,wanita menstruasi tidak boleh melakukan hubungan sexs tapi boleh kontak fisik dan larangan lainya seperti tidak boleh beribadah ,di yudaisme baik hubngan sexs dan kontak fisik tidak boleh. dalam doktrin brahmana Hindu,wanita menstruasi harus menjauh dari kegiatan domestik untuk jangka waktu 4 hari, dan keintiman fisik dilarang.dan masih banyak lagi perlakuan khusus dan penafsiran siklus mentruasi pada wanita menstruasi menurut pandangan tiap tradisi yang mana agama termasuk di dalam nya .meskipun masrakat sudah semakin sekuler dan maju dalam pendidikan ilmu medis modern dan banyak yang tidak percaya hal- hal mistis yang di kaitk kan siklus haid ,namun bebrapa ajaran sekaligus peraturan keagamaan dan sistem kepercayaan terhadap wanita yang sedang haid,masih di jalankan sampai saat ini seperti larangan ke tempat- tempat tertntu dan anggapan haid yang di anggap tabu atau tidak baik untuk memasuki tempat ibadah yang berkaitan dengan ke “spiritualan” atau keagamaan.

source:

wikipedia.org/Culture_and_menstruation

wikipedia.org/Menstrual taboo

livescience.com/what is estrogen

Iklan