wp-1484400920953.png
source : pinterest

 

Sudden unexpected nocturnal death syndrome (SUNDS), yaitu sebuah kondisi di mana terjadinya kematian mendadak selama tidur. penyebab nya adalah kelainan genetik pada jantung dan kebanyakan di alami keturunan pria asia tenggara.meskipun tak tampak gangguan kesehatan yang berarti,dan pada kebanyakan kasus , seseorang yang meninggal karena SUNDS tidak tahu bahwa dia mempunyai kelainan genetik pada jantungnya,ritme jantung yang tidak teratur lah pemicunya.

Kasus SUNDS kebanyakan terjadi di malam hari ,karena pada malam hari , irama detak jantung melambat. sinyal listrik dari SA node( pemicu listrik alami pada jantung) melambat, sehingga denyut jantung juga perlahan. dan SUNDS mengambil alih tubuh menghasilkan ritme jantung yang normal menjadi tidak teratur. yang memicu terjadinya “spasm” (ketegangan dan kejang otot )pada jantung yang berakibat kematian mendadak .meskipun ada beberapa teori untuk terjadinya SUNDS di karenakan stress ,namun tak di temukan bukti ilmiah yang berkorelasi dengan konten dari sebuah mimpi buruk dan itu merupakan mitos.

Untuk SUNDS sendiri belum di temukan terapi khusus yang efektif secara medis mengatasi gangguan tersebut,dan belum di ketahui secara jelas kenapa lebih banyak di alami pria kawasan asia tenggara.dan syndrome ini sangat sulit di deteksi meskipun menggunakan alat electrocardiograph.

SUNDS di ketahui pertamakali oleh Dokter Amerika di medis, pada saat pengungsi melarikan diri dari perang vietnam dan menetap di amerika pada akhir 1970 an – 1980 an dimana muncul rumor banyak nya pria sehat mati mendadak ketika tidur . sedang tercatat di singapura 230 pria thailand sehat, mati mendadak saat tidur antara tahun 1982 dan 1990.di Filipina setidaknya tercatat 43 dari 100.000 orang meninggal karena sindrom ini. di Jepang dan Laos juga ada kasus serupa,di philipana fenomena ini di kenal sebagai “bangungit” yang berarti mimpi buruk da mati karena hantu,di jepang di istilahkan sebagai “pokkuri” kematian tiba- tiba , di thailand di sebut” lai thai” yang berarti tidur dan mati .

video :

Iklan