Source : columbiasciencereview

Cryonics merupakan sebuah praktik terobosan menggunakan alat pembekuan untuk menghidupkan kembali manusia setelah mati klinis ,untuk di hidup kan kembali kelak dengan tubuh dan otak yang utuh. Cryonics berasal dari bahasa yunani yang berarti “Beku” Cryonics sendiri bukan merupakan praktik medis yang ilmiah,namun termasuk pseudoscience dan wishfull thinking.oleh karena itu banyak kritikan dari komunitas ilmiah tentang mekanisme praktik tersebut. selain itu juga calon pasien tidak di beritahu secara spesifik atau informasi bagaimana mekanisme Cryonics bekerja dan prosedur wajib untuk memakai jasa  metode Cryonics harus ada ijin yang legal secara hukum.

Asal-usul cryonic dari Guru ahli fisika dan matematika Robert Ettinger membawa cryonics ke dalam arus utama para intelektual pada tahun 1964 dengan buku nya  “The Prospect of Immortality ”  .yang mana  kemudian Ettinger mendirikan Institut cryonics dia mendapat ide untuk cryonics dari cerita oleh Neil R. Jones. dalam buku “The Jameson Satelit”  terbit di Juli 1931 . lahirlah gagasan bahwa seseorang bisa membekukan tubuh orang mati lantas,memperbaiki mereka di kemudian hari.dan membawa mereka kembali ke kehidupan ketika teknologi telah maju cukup untuk melakukan perbaikan dan menghidupkannya kembali orang tersebut.dan pada 12 Januari 1967, Profesor  Bedford,seorang profesor emeritus psikologi di University of California, menjadi orang yang pertama atas permintaan nya kelak untuk di bekukan ,setelah ia mati keluarganya menyerahkan nya untuk menjalani pembekuan cyrocenic “cyropreserved.” ia  di bekukan beberapa jam setelah ia meninggal karena kanker hati yang telah menyebar ke paru-parunya.tubuhnya di tempatkan dalam wadah terisolasi dengan es yang dikemas, Kemudian Bedford direndam dalam nitrogen cair dalam wadah besar. Lima belas tahun kemudian, setelah serangkaian dari fasilitas cryiopreservasi satu ke cryiopresevasi yang lain, tubuhnya ada di  Alcor Life Extension Foundation Scottsdale, Arizona, di mana sampai saat ini dia  masih berada. standar cryonics saat itu , prosedur nya masih sangat berantakan dan tidak teratur. Namun dari evaluasi visual kondisi Bedford pada tahun 1991 di kabarkan bahwa tubuhnya masih tetap beku dan tidak mengalami kerusakan yang berarti.

 

 

Bila dalam ilmu keilmiahan kita mengenal dengan istilah Cryogenic yang merupakan salah satu ilmu  cabang fisika yang berfokus pada cara menciptakan kondisi sangat dingin (low temperature) serta mempelajari bagaimana dan apa  yang terjadi  sebuah material saat berada dalam kondisi tersebut dan beserta segala  penmanfaatanya . pembekuan Cryogenic (cryogenic freezing)  adalah jenis pembekuan dengan temperatur sangat rendah kurang dari – 150 celcius .juga teknik pembekuan crygenic menggunakan bantuan gas cair ( helium) . praktik pembekuan cryogenic dengan menggunakan suhu dingin yang ekstrim  bisa di terapkan dan berguna  pada berbagai bidang tertentu misal meningkatkan kekuatan dan ketahanan produk atau materi, memproduksi bahan bakar khusus untuk roket,industri makanan untuk kesegaran ,di medis untuk pengawetan vaksin atau operasi kutil,wasir dan amandel ( cryogenic tonsilectomy). dengan begitu maka cryogenik adalah ilmu ilmiah yang sah dan penting . sedangkan  cryonics adalah percobaan yang menggunakan konsep cryogenic untuk pengawetan tubuh manusia, teknik pembekuan “deep freeze” ke seseorang yang telah mati ,karena penyakit yang tak tersembuhkan dengan harapan ilmu medis sudah maju atau sudah menemukan obat nya   di masa depan yang nantinya akan di berikan kepada orang yang di bekukan itu. cryocenic murni fiksi ilmiah,karena belum ada bukti . Berdasarkan kemampuan teknologi medis saat ini, meski ilmu pengetahuan keilmiahan bisa memiliki kapasitas untuk membekukan dan melestarikan tubuh manusia selama bertahun-tahun, namun belum bisa  untuk menghidupkan kembali orang yang sudah jadi mayat beku. Orang yang telah mati secara medis maka tidak ada  detak jantung , sistem pernafasan dan tidak ada tanda fungsi otak.

Enter a caption

Ketika otak seseorang yang penuh memory begitu rumit nya   di muncul kan kembali ( di hidupkan lagi) sekaligus sistem berpikirnya bagaimana caranya kenangan,skill,memory serta mekanisme otak dalam mengatur gerak tubuh di kembalikan?

Mungkin Para pendukung cryocenic menganggap masuk akal pembekuan otak orang yang telah mati  yang nantinya kemudian bisa aktif lagi ,dengan mengutip janji teknologi baru dalam ilmu saraf, terutama karya terbaru yang di istilahkan sebagai  connectomics (pemetaan koneksi saraf otak) yang mana mereka yakin  peta rinci dari koneksi saraf yang nantinya untuk mengembalikan pikiran seseorang, kenangan, dan kepribadian nya dengan meng-upload nya ke dalam simulasi komputer.namun itu sangat lah sulit meskipun secara teori terlihat memungkinkan ,tapi mereplika memory seseorang?

Otak kita terdiri dari sekitar 86 miliar neuron,  sel-sel yang terhubung yang mengirimkan informasi satu sama lain dengan menembakkan muatan listrik yang merambat di organ otak  seperti gelombang. namun bagaimana otak menghasilkan pikiran itu lah yang masih misteri ,bagaimana otak kita bekerja secara pasti, neuroscience belum menjawab nya secara keseluruhan maupun spesifik untuk saat ini.banyak ahli saraf memakai pendekatan  otak adalah seolah-olah sebuah komputer. Dalam analogi ini otak di analogikan sebagai input, data masuk melalui indra, dan menjadi output yaitu perilaku kita, melalui perhitungan. Di sinilah argumen teoritis untuk pikiran upload dimulai. Jika proses ini dapat dipetakan, otak mungkin dapat disalin di komputer, bersama dengan timbulnya perkembangan pikiran tiap individu.

Ide pemetaan otak manusia keseluruhan dengan teknologi yang ada yang kita miliki saat ini adalah tidak mungkin.” Dan ada tantangan teoritis lain.Bahkan jika kita bisa membuat diagram pengkabelan dari otak manusia, pikiran upload juga kemungkinan besar akan memerlukan membaca aktivitas konstan dari semua neuron yang ada juga.untuk saat ini ada tiga organisasi komersial yang menawarkan jasa pembekuan cryonic saat ini , di Rusia dan dua di AS,yang menjaga mayat beku pria dan wanita yang telah di legalkan secara hukum mati . mati karena penyakit yang tak tersembuhkan, tubuh mereka disimpan di  tabung cryonic yang di rancang khusus. dengan harapan suatu hari mereka bisa sadar kembali setelah di hidupkan oleh pengobatan terbaru di masa nanti .namun tidak lah murah harga yang harus di bayarkan sekitar $ 200.000 (€ 189.000).cryconic tetap masih kontroversi dan belum terbukti .singkatnya Cryonics yang ada sekarang masihlah sebuah fiksi ilmiah yang penuh teori spekulatif .selain tidak ada bukti ilmiah juga di Cryonics, cenderung lebih seoerti quackery mematok harga mahal untuk sebuah janji semata.

.

Iklan