e3b1d-unnamed2b252832529

Teori bahwa sel-sel tubuh mempertahankan memori independen dari otak, Fenomena ini dikenal sebagai “memori selular,” telah di perdebatkan para komunitas keilmiahan, di dasari juga dari faktor konsep keyakinan atau kepercayaan bahwa yang brkaitan dengan hal mistis seperti adanya tubuh halus atau roh ,atau kepercayaan jaman dulu bila memakan organ tubuh musuh akan menambah kekuatan ataupun kesaktian ini jg yang mendasari adanny dugaan tubuh puny kenangan ( body memory) jadi masih ada kaitan ny dengan selular memory.
Gagasan memori selular adalah bahwa sel dapat menyimpan kenangan tentang pengalaman, sensasi, rasa, kebiasaan, dan aspek inti lainnya dari identitas seseorang. bagi yang percaya jg mnduga bahwa memori ini disimpan melalui pertukaran kimia antara sel-sel,seperti yang mereka simpan dalam otak. banyak yang percaya bahwa sel-sel juga dapat menyimpan informasi yang berkaitan dengan pengalaman traumatis.
Apa bila organ dari seseorang di tranplstasi maka kenangan dari di pendonor ikut terbawa ke pemakai organ yg baru,namun berbagai penelitian tidak membuktikan adanya selular menmory baik di transplan maupun tidak (body memory) secara ilmiah, gagasan adanya memory seluler dipopulerkan sebagai hasil dari sejumlah cerita yg bersifat anekdot yang melibatkan transplantasi organ dan belum bisa di anggap kebenaran secara ilmiah atau akurat,karena terlalu bias,kurang nya bukti ilmiah,chery picking dan anekdot semata. Semua cerita yang dilaporkan mengklaimn ketrlibatan penerima yang mengadopsi kebiasaan baru setelah transplantasi, atau yang mengaku mengingat pengalaman yang tidak benar-benar terjadi. Beberapa orang percaya bahwa peristiwa tersebut dapat dijelaskan oleh memori selular, sebagai akibat dari organ donor mempengaruhi penerima mereka. teori ini sebagian besar telah diberhentikan oleh medis konvensional, gagasan memori selular belum diuji secara ketat dalam studi terkontrol maka menjadikanya pseudoscience.

source ;
.ipt forensics.com journal vol 5
en.m.wikipedia.org Body_memory
bigthink.com neurobonkers/dont be taken-in-by the bad science-of-cell-memoryntheory

Iklan