oleh : Richard Evan

 

 

Meski orang Yahudi, Freud mempunyai pandangan yg agak miring terhadap agama. Dalam buku buku dan essay yg ditulisnya dia bahkan berpendapat bahwa Tuhan sekedari ilusi, diciptakan dari kebutuhan manusia akan figur kebapakan yg kuat, yg memang berguna di masa awal awal peradaban untuk meredam impuls agresif di masyarakat, tapi sekarang, menurutnya, boleh dikesampingkan demi akal sehat dan sains.
Dalam bukunya, “Obsessive Actions and Religious Practices” (1907), opininya ttg agama, Freud berpendapat bahwa agama dan neurosis mempuyai pola yg sama. Neurosis sendiri didefinisikan sebagai ketidakseimbangan mental yang menyebabkan stress, tapi tidak seperti psikosis atau kelainan kepribadian, neurosis tidak memengaruhi pemikiran rasional
Freud juga menyebut agama sebagai ilusi, yg dikategorikan “alat yg sangat penting untuk mengorganisasi masyarakat primordial” dan “kebutuhan untuk mengurangi rasa sakit masyarakat kuno”. Dia menyimpulkan semua agama sebagai ilusi dan tak berdasar bukti.
Dia mengamati bahwa agama kala itu dibutuhkan untuk mengatur orang orang untuk mengikuti peraturan peraturan yg perlu untuk mempertahankan sebuah peradaban. Peradaban tidak terlalu terancam akan orang orang terdidik dan mereka yg berpikir, yg biasa digerakan oleh motif sekuler tapi paham sebab akibat kelakuan mereka pada peradaban. Tetapi ada massa tak terdidik, yg baru berhenti membunuh misalnya, kecuali bila ada semacam Tuhan yg melarangnya, yg “harus diamankan” dan diatur lagi dan lagi.
Freud pernah menekankan bahwa ritual ibadah agama dogmatis berkontribusi melemahkan kemampuan intelektual seseorang dengan meredam naluri untuk mengadakan upaya upaya penyelidikan. Dia berargumen bahwa dlm jangka panjang tak ada yg bisa melampaui nalar dan pengalaman, kontradiksi agama terhadap dua hal tadi sudah jelas. Freud mengekspresikan dalam bukunya “harapan suatu saat nanti sains akan melampaui agama dan nalar menggantikan iman terhadap yg Ilahi”.

source:
https://en.wikipedia.org/wiki/Sigmund_Freud’s_views_on_religion
https://id.wikipedia.org/wiki/Neurosis

Iklan