fb_img_1485554522898

Dalam sejarah, di peradaban kuno ketika orang percaya penyakit aneh ulah dari sihir dan adanya pembantaian besar besaran kepada seseorang yang di tuduh sebagai penyihir di bakar hidup hidup di tiang maupun di siksa.melakukan analisa menurut versi mereka sendiri sebagai sikap pertahanan terhadap ilmu hitam. Tanpa pengetahuan medis apalagi semaju dan canggih seperti saat ini, orang kadang-kadang mengaitkan fenomena medis sulit dijelaskan atau aneh dengan mengatakan itu adalah ulah sihir atau setan.menurut catatan Lois N. Magner, seorang ahli dalam sejarah ilmu kedokteran, menulis dalam bukunya ” A History of Infectious Diseases and World Mikcrobacterial ” kepercayaan beberapa penyakit di kait kan dengan ilmu sihir bersifat universal atau umum,sejak pada peradaban pada periode antara sekitar 3500 SM dan 1500 SM di Mesopotamia, Mesir, Cina dan India.hingga kini kesalah pahaman tersebut masih bisa ditemukan saat ini terutama di daerah yang rata-rata edukasi masyarakatnya belum tinggi.beberapa di antaranya adalah

Epilepsi

Epilepsi yang merupakan gangguan neurologis yang membuat tubuh kejang-kejang karena sinyal kelistrikan di otak terganggu. seseorang dapat kehilangan kesadaran dan tubuhnya menyentak-nyentak tak terkendali.
pada zaman itu kondisi ini dianggap suatu hal yang menyeramkan. Karena tak mengerti apa yang terjadi sebenar nya ilmu sihir pun dituduh menjadi penyebabnya yang bisa membuat orang di sangka penyihir akan di bakar di tiang

Gangguan Mental

Gangguan mental seperti skizofrenia dan gangguan identitas isosiatif menyebabkan perubahan emosional dan perilaku, di anggap kemasukan setan, di stigma kena sihir dan disalahpahami berhubngan dengan sihir. sampai skarang stigma ini jg masih ada di daerah yang rendah edukasi.

Keracunan jamur ergot

Ada beberapa jenis jamur yang dapat memiliki efek psikodelik kuat seperti jamur ergot (claviceps purpurea) yang juga dikenal sebagai salah satu bahan narkoba LSD.
efek dari jamur ini bila di konsumsi adalah gejala halusinasi, delusi, kejang, hingga muntah-muntah. Gejalanya mirip seperti serangan epilepsi atau kondisi gangguan mental sehingga orang-orang pun mengira ini adalah ulah sihir.

Encephalitis lethargica

Encephalitis lethargica adalah penyakit kuno yang hingga saat ini masih belum pasti diketahui apa penyebabnnya namun dapat di identifikasi adanya peradangan yang parah pada otak.menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke di Amerika Serikat, pasien yang mengidap dapat miliki gejala demam tinggi, sakit kepala, penglihatan kabur, hingga respons fisik serta lemah mental . pasien dilaporkan juga bisa alami pergerakan mata abnormal, kelemahan otot, tremor, leher kaku, hingga perubahan pada perilaku.beberapa ahli percaya kondisi Encephalitis lethargica di zaman dahulu ikut bertanggung jawab membuat orang-orang dibakar di atas tiang salib.

Source : www.medicaldaily.com

Iklan